Login

Create a new account

18 + 5 =

Forgot Password

KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) HAMA BARU TANAMAN TEBU

      Kebun percobaan P3GI di Lampung, di awal Desember 2016 melaporkan serangan hama kumbang pada tanaman... Read more »

PENYAKIT BUSUK BIBIT ATAU BUSUK BATANG FUSARIUM

Penyakit busuk bibit atau busuk batang Fusarium disebabkan oleh jamur Gibberella fujikuroi  (Fusarium moniliformae). Jamur... Read more »

BURUNG HANTU Tyto alba UNTUK PENGENDALIAN HAMA TIKUS

Hama tikus pada tanaman tebu merupakan hama sekunder. Biasanya pada saat tanaman padi atau palawija telah dipanen, maka tikus... Read more »

Tibicens sp. HAMA TONGGERET YANG MENYERANG TANAMAN TEBU

Hama tonggeret belum pernah dilaporkan menyerang tanaman tebu di Jawa. Namun survei hama yang dilakukan pada tahun 2008-2009... Read more »

KELOMPOK PENELITI (KELTI) PROTEKSI TANAMAN

KELOMPOK PENELITI (KELTI) PROTEKSI TANAMAN

Merupakan kelompok peneliti dari disiplin hama, penyakit dan gulma yang ada di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), Pasuruan.

Kelti Proteksi tanaman melayani permintaan supervisi, konsultasi dan training dibidang hama, penyakit dan gulma tanaman tebu bagi praktisi industri gula.

Kerjasama penelitian dengan universitas dan lembaga penelitian lain baik dari dalam maupun luar negeri telah lama menjadi bagian dari kegiatan kelti proteksi.

Laman interaktif proteksi tanaman ini dimaksudkan untuk memudahkan praktisi dalam mengidentifikasi, menganalisa dan mengendalikan OPT yang menyerang tanaman tebu. Seluruh informasi yang ada dalam laman ini berdasarkan hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang telah dilakukan oleh P3GI. Informasi mengenai pestisida (insektisida, fungisida maupun herbisida) adalah benar selama 2 tahun (sampai dengan tahun 2011). Penggunaan pestisida setelah kurun waktu tersebut diatas untuk pengendalian hama, penyakit dan gulma, tidak lagi menjadi rekomendasi P3GI kecuali izin penggunaan pestisida oleh komisi Pestisida masih berlaku.